Rabu, 29 Maret 2017

Resepsi Pesat Panen

Dibanding musim tanam (MT) sebelumnya, panen MT oktober 2016-maret 2017 ini cukup menggembirakan. Sebagai puji syukur atas panen yang melimpah itulah, kelompoktani sipaenre desa pananrang kecamatan mattiro bulu menghelat pesta panen selama tiga hari berturut-turut.

Rangkaian kegiatan peseta panen dimulai pada hari sabtu (18/03/2017) dengan kegiatan mappasoro. Mappasoro merupakan penanda dimulainya panen. Tetua adat melakukan simbolisasi awal panen dengan memanen sebatang padi yang sebelumnya dipilih dari pertanaman padi yang paling matang. Pada kegiatan mappasoro ini, penganan utama yang disajikan berupa batte. Makan tradisional yang dibuat dari gabah yang ditumbuk, lalu dicampur dengan kelapa dan gula merah.

Setelah mappasoro maka dilakukan pengambilan ubinan untuk mengetahui produktivitas padi musim tanam ini. Pengambilan ubinan dilakukan oleh tim gabungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pimpinan Pertanian Kecamatan (PPK) dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) setempat. Hasil ubinan pada luasan 6,25 meter persegi seberat 5,80 Kg yang jika dikonversi menjadi 92,8 kwintal per hektar. Varietas yang diubin adalah inpari 8.

Esok harinya digelar acara mappadendang yang berlangsung pada sore dan malam hari. Mappadendang adalah kegiatan menumbuk palung (terbuat dari kayu besar) menggunakan tongkat yang dilakukan secara berkelompok sehingga menghasilkan bunyi-bunyian khas. Salah satu yang menarik dari mappadendang adalah adanya Pasere.


Tari Padduppa

Pasere adalah orang yang ditengah-tengah kegiatan mappadengang kemudian tiba-tiba melakukan gerakan-gerakan mirip gerakan pencak silat. Ketika Pasere sedang beraksi para penonton menyoraki. Sorakan ini memicu adrenalin pasere yang membuat acara mappadendang makin meriah.

Puncak acara pesta panen digelar pada hari senin (20/03/2017). Resepsi yang mengundang semua stakeholder yang selama ini terlibat. Dari pemerintah dihadiri oleh Wakil Bupati Pinrang, Sekretaris Daerah dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pertanian. Selain itu anggota DPRD, perwakilan dari Kodim 1420, Polres Pinrang dan unsur Muspika juga turut hadir.

Dalam sambutannya di hadapan para petani dan masyarakat, Wakil Bupati (Wabup) Pinrang Darwis Bastama memanjatkan puji syukur atas panen yang meningkat kali ini, jika dibanding musim tanam sebelumnya “ini keberhasilan kita semua”. Wabup juga mengapresiasi pengelolaan bantuan dari pemerintah selama ini manfaatnya sudah dirasakan para anggota kelompoktani.


Mappadendang

Terakhir, Wabup berharap agar manajemen kelompoktani dapat ditingkatkan. Aset yang ada dikelola dengan baik sehingga menghasilkan income. Dengan begitu, ke depan kelompoktani Sipaenre dapat menjadi percontohan untuk kelompoktani lainnya. Sementara ketua kelompoktani Muh. Sahrul mengatakan akan terus mempertahankan tradisi ini.

Pananrang, 20032017

0 komentar:

Posting Komentar

Profil

Profil Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Mattiro Bulu... klik

Struktur Organisasi

BP3K didukung dengan organisasi dan ketenagaan sebagai berikut:... klik

SDM

Sumber Daya Manusia (SDM), terdiri atas Penyuluh Pertanian dan Pengamat ... klik

SDA

Basis Data

Standar Pelayanan

Maklumat pelayanan BP3K Mattiro Bulu dituangkan dalam Surat Keputusan ... klik

Regulasi

MOTTO

MOTTO

.

.

Visi-Misi

Visi-Misi

Alur Pelayanan

Alur Pelayanan