Selasa, 14 Februari 2017





Hasil Evaluasi Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan di BP3K Mattiro Bulu Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Tabel 1.  Nilai Rata-rata Unsur Pelayanan di BP3K Mattiro Bulu
No
Unsur Pelayanan
NRR
NRR x Nilai Tertimbang (1/14)
1.
Prosedur Pelayanan
3,22
0,23
2.
Persyaratan Pelayanan
2,98
0,21
3.
Kesesuaian pelaksanaan dengan maklumat pelayanan
2,88
0,21
4.
Kedisplinan waktu pelayanan
3,02
0,22
5.
Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan
3,24
0,23
6.
Jangka waktu penyelesaian pelayanan
3,44
0,25
7.
Tarif / biaya pelayanan
3,88
0,28
8.
Produk layanan
3,12
0,22
9.
Ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan
2,86
0,20
10.
Kompetensi/kemampuan petugas
3,02
0,22
11.
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
3,12
0,22
12.
Keadilan mendapatkan pelayanan,
3,46
0,25
13.
Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan
3,28
0,23
14.
Jaminan keamanan pelayanan (memberikan rasa aman, bebas dari resiko dan keragu-raguan
2,96
0,21
Nilai Indeks
3,18
Keterangan :    NRR = Nilai rata-rata tiap unsur pelayanan (n = 120)
                        Waktu pelaksanaan evaluasi : Bulan November 2016.
                       
Selanjutnya untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan diperoleh dengan rumus

IKM = Nilai Indeks x Nilai Penimbang
         = 3,18 x 25
     =79,43








Untuk mengetahui Nilai Persepsi, Nilai Interval IKM, Nilai Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan, kita dapat berpedoman pada Keputusan Menpan Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT Unit Pelayanan Instansi Pemerintah sebagaimana tabel di bawah ini (Tabel 2) :
Tabel 2.    Tabel Nilai Persepsi, Interval IKM, Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan Dan Kinerja Unit Pelayanan

No
Nilai Interval
Nilai Interval Konversi
Mutu
Kinerja Pelayanan
1.
1,00 – 1,75
25,00 – 43,75
D
Tidak Baik
2.
1,76 – 2,50
43,76 – 62,50
C
Kurang Baik
3.
2,51 – 3,25
62,51 – 81,25
B
Baik
4.
3,26 – 4,00
81,26  - 100
A
Sangat Baik

Berdasarkan atas table tersebut, maka nilai IKM terhadap pelayanan di BP3K Mattiro Bulu sebesar =   79,43  (Menunjukkan kinerja BAIK)
 



























0 komentar:

Posting Komentar

Profil

Profil Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Mattiro Bulu... klik

Struktur Organisasi

BP3K didukung dengan organisasi dan ketenagaan sebagai berikut:... klik

SDM

Sumber Daya Manusia (SDM), terdiri atas Penyuluh Pertanian dan Pengamat ... klik

SDA

Basis Data

Standar Pelayanan

Maklumat pelayanan BP3K Mattiro Bulu dituangkan dalam Surat Keputusan ... klik

Regulasi

MOTTO

MOTTO

.

.

Visi-Misi

Visi-Misi

Alur Pelayanan

Alur Pelayanan